Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Medical Sains merupakan suatu media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon yang terbit 2(dua ) kali dalam 1(satu )tahun yaitu bulan September dan Maret yang terdiri dari 10 (sepuluh) artikel. Jurnal berisi tentang penelitian di bidang farmasi meliputi bidang formulasi, farmakologi, farmasi komunitasi, kimia bahan alam, farmakognosi dan ilmu kesehatan lainnya yang merupakan sarana bagi dosen dan peneliti-peneliti dibidang kesehatan untuk berbagi pengetahuan dan terjalin kerjasama dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Tujuan dan Ruang Lingkup Tujuan diterbitkannya jurnal Medical Sains adalah sebagai sarana publikasi artikel dibidang farmasi dan kesehatan lainnya serta merupakan terapan dari ilmu farmasi maupun kesehatan lainnya yang berhubungan dengan kefarmasian.  Berdasarkan hal tersebut dewan redaksi Medical Sains mengundang dosen dan peneliti untuk berkontribusi untuk mengirimkan artikel penelitiannya yang berkaitan dengan tema sebagai berikut : 1. Teknologi Formulasi sediaan Farmasi 2. Farmakologi 3. Farmasi komunitas 4. Farmasi Klinis 5. Kimia Bahan alam 6. Farmakognosi 7. Dan tema kesehatan secara umum Semua tulisan yang masuk ke jurnal medical sains  akan diperiksa oleh mitra bestari (Reviewer) yang disesuaikan dengan bidangnya.

 

Section Policies

Pharmaceutical Formulation Technology

This section includes articles related to pharmaceutical and cosmetics formulation technology

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pharmacognosy and Natural Chemistry

This section includes articles related to pharmacognosy and chemical substances of nature

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Community Clinics and Pharmacy

this section contains articles related to the clinical and community pharmacy fields

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pharmacology

This section includes articles related to pharmacology

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang dikirimkan akan di review oleh 1 reviewer

 

Publication Ethics

Etika Publikasi

Tugas Penulis

1. Standar Pelaporan:

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses dan Retensi Data:

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk memberikan akses publik ke data tersebut (konsisten dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data), jika dapat dilakukan, dan harus dalam keadaan apa pun bersiaplah untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

3. Orisinalitas dan Plagiaris: Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

4. Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan:

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

5. Pengakuan Sumber:

Pengakuan yang benar

 

Publication Frequency

Jurnal Medical Sains terbit dua edisi dalam setahun, setiap Maret dan September